Awasi! Ini 7 Tanda Teman Menggunakan WhatsApp MOD - Anotatif
News Update
Loading...

7/15/23

Awasi! Ini 7 Tanda Teman Menggunakan WhatsApp MOD

tanda teman menggunakan whatsapp mod

Pernah mendengar tentang WhatsApp MOD? Pasti kalau kamu anak gen-Z atau pengguna aktif Twitter tak akan asing dengan nama aplikasi tersebut. Pasalnya beberapa waktu yang lalu banyak cuitan yang membahas tentang bahaya menggunakan WA MOD. Di mana aplikasi ini sering digunakan oleh anak gen-Z karena dianggap lebih menguntungkan dari segi fitur.

Hanya saja ada banyak hal yang harus dipikirkan lagi jika ingin menggunakan aplikasi ini, Guys. Supaya lebih paham lagi, simak ulasan Anotatif tentang WhatsApp MOD berikut. Kenali juga tanda-tanda teman yang menggunakan aplikasi ini.

Apa itu WhatsApp MOD?


WhatsApp MOD adalah sebuah aplikasi tiruan dari WhatsApp resmi yang dibuat oleh pihak ketiga atau keempat. Aplikasi ini dibuat dengan mengubah atau memodifikasi hingga menambahkan beberapa fitur baru pada aplikasi WhatsApp. Fitur-fitur yang ditambahkan oleh pihak ketiga inilah yang membuat aplikasi WA MOD populer.

Sebab, fitur-fitur tersebut terbilang canggih dan membuat penggunanya merasa terbantu. Terutama dalam masalah pembatasan privasi. Pasalnya WhatsApp MOD menawarkan fitur pembatasan privasi yang lebih lanjut. Misalnya seperti penguncian obrolan dengan menggunakan kata sandi atau sidik jari. Sehingga membuat orang lain tidak bisa membuka dan membaca chat tanpa sepengetahuan pengguna.

Meskipun terlihat menggiurkan, perlu digaris-bawahi jika aplikasi WhatsApp MOD tidak resmi alias ilegal. Di mana penggunaannya menyalahi aturan pelayanan dari WhatsApp resmi. Sehingga untuk mendapatkannya sangat sulit, karena tidak ada di toko resmi seperti Playstore. Untuk mendownload WhatsApp MOD kamu perlu mencari linknya melalui web-web di internet atau website pengembangnya.

Baca juga: Cara Mengatur Tampilan Hacker's Keyboard seperti Keyboard Komputer

Bahaya menggunakan WhatsApp MOD


Apakah kamu tergiur meggunakan WhatsApp MOD? Mau download dan mencari linknya di mana? Sayangnya Anotatif tidak punya link download-nya.

Namun, sebelum mengunduh WA MOD perhatikan beberapa bahayanya berikut, yuk!

  • Mendownload WA MOD membuat HP berisiko terkena serangan malware, karena WA MOD bisa saja hanya aplikasi siluman. Pasalnya aplikasi tidak diunduh pada toko resmi seperti App Store atau Playstore.
  • Penggunaan WhatsApp MOD bisa membuat akun WhatsApp diblokir atau di-banned permanen. Hal ini karena telah menyalahi aturan WhatsApp resmi.
  • WhatsApp MOD meningkatkan risiko serangan virus bahaya seperti trojan pada HP. Ini karena diunduh dari sembarangan web. Juga akibat dari penginstalan WA MOD yang harus mematikan fitur Google Play Protect yang berfungsi untuk mendeteksi aktivitas aplikasi berbahaya di HP.
  • Berisiko data pengguna bocor karena aplikasi WhatsApp MOD dibuat oleh pihak ketiga atau keempat. Di mana kita tidak tahu kredibilitas dari developer tersebut.
  • Chat bisa disadap karena WhatsApp MOD tidak memiliki fitur encryption end-to-end yang bisa mengamankan percakapan dari pihak luar.
Itulah Guys bahaya menggunakan WhatsApp MOD, masih mau menggunakannya?

7 tanda teman menggunakan WA MOD


Jika kamu tak menggunakan WA MOD tapi malah curiga jika temanmu menggunakannya. Temukan ciri-ciri pengguna WhatsApp MOD berikut.

1. Memperhatikan 'Last Seen' yang ada di profil teman

Di dalam aplikasi WhatsApp resmi, fitur Last Seen berguna untuk menunjukkan kapan terakhir kali seseorang aktif di WhatsApp. Fitur ini biasanya dapat dilihat secara real-time dan dapat dinon-aktifkan sehingga waktu terakhir aktivitas mereka tidak terdeteksi.

Namun, pada pengguna WhatsApp MOD, fitur Last Seen biasanya tidak dapat diperbarui secara akurat. Keterangan yang ditampilkan hanya mencerminkan waktu saat aplikasi tersebut diunduh untuk pertama kalinya.

Contohnya jika WhatsApp MOD diunduh pada tahun 2022, maka Last Seen akan tertera sebagai 'terakhir aktif 2022', meskipun pengguna tersebut sedang aktif menggunakan aplikasi hingga hari ini di tahun 2023.

2. Tidak ada status online di profil

Salah satu tanda bahwa temanmu menggunakan WhatsApp MOD adalah tidak adanya status online yang terlihat di profil. Dalam aplikasi WhatsApp resmi, status online menunjukkan bahwa seseorang sedang aktif menggunakan WhatsApp. Namun, pada WhatsApp MOD pengguna bisa menon-aktifkan atau menyembunyikan informasi tersebut.

Sehingga kamu tak akan bisa mendeteksi apakah ia tengah online atau tidak. Nah, untuk melihatnya cukup perhatikan saja di toolbar saat chatting denganmu, apakah notifikasi online tersedia di sana. Jika tidak ada, bisa jadi temanmu menggunakan WA MOD.

3. Notifikasi mengetik dan merekam audio tidak terlihat

Biasanya, ketika seseorang mengetik pesan atau merekam pesan suara di WhatsApp resmi, notifikasi tersebut akan terlihat oleh penerima. Namun, pada WhatsApp MOD, notifikasi seperti itu mungkin tidak terlihat oleh penerima pesan. Hal ini karena pengguna WA MOD dapat menonaktifkan fitur tersebut.

4. Chat dibalas meski notifikasi hanya centang satu

Di WhatsApp resmi, pesan yang dikirim oleh pengguna akan memiliki tanda centang satu (satu garis) saat pesan dikirim dan akan berubah menjadi dua centang (dua garis) dengan warna biru ketika pesan sudah dibaca oleh penerima. Namun, pada WhatsApp MOD, meskipun hanya ada tanda centang satu atau centang dua tanpa warna biru pada notifikasi, pesanmu mungkin saja sudah dibalas olehnya.

Perhatikan saja tanda centang ini dengan seksama, jika masih satu dan teman bisa membalas, besar kemungkinan ia menggunakan WA MOD.

5. Bisa mengomentari statusmu tanpa ada di daftar lihat

Pada WhatsApp resmi, jika seseorang melihat status milikmu, maka akan muncul di dalam daftar orang yang melihat status tersebut. Namun, pada WhatsApp MOD, temanmu bisa melihat statusmu lalu mengomentarinya tanpa muncul di daftar lihat.

Hal ini terjadi karena WhatsApp MOD memiliki fitur yang dapat menyembunyikan view pada status teman. Nah, bila temanmu bisa mengomentari statusmu, tapi namanya tidak ada di daftar lihat. Artinya, ia mengaktifkan fitur privasi pada pengaturan WhatsApp MOD miliknya.

6. Status video dengan durasi yang panjang

WhatsApp resmi memiliki batasan durasi untuk status video yakni 30 detik. Namun pada WhatsApp MOD, ada fitur yang bisa membuat status video berdurasi sampai 5 menitan. Nah, bila temanmu bisa membuat status lebih dari 30 detik, berarti ia menggunakan WA MOD.

Namun, untuk melihat tanda ini kemungkinannya kecil. Pasalnya jika mereka membuat status video panjang, hal tersebut bisa terdeteksi oleh WhatsApp resmi. Sehingga membuat akun mereka terancam kena banned atau blokir permanen. Sebab, telah melanggar aturan layanan WhatsApp dengan menggunakan aplikasi WA MOD.

7. Emotikon teman di obrolan sering rusak

Pada WhatsApp MOD, developer pihak ketiga juga menyiapkan beragam emotikon. Bahkan beberapa aplikasi WA MOD mengklaim telah menambahkan hingga ribuan stiker dan emotikon gratis pada aplikasi garapannya.

Hanya saja, jika kamu menggunakan WhatsApp resmi, emotikon mungkin tidak akan terbaca. Hal ini karena file stiker atau emotikon tak dikenali oleh aplikasi resmi. Sehingga yang muncul hanya gambar file rusak.

Apa yang harus dilakukan jika teman menggunakan WhatsApp MOD?

Jika kamu mengetahui teman menggunakan WhatsApp MOD, sebaiknya beritahu dia tentang risiko bahaya yang mengintai akibat penggunaan aplikasi tersebut. Beritahukan jika smartphone miliknya bisa saja terkena virus dan malware. Lalu akunnya bisa saja terkena banned permanen dari WhatsApp resmi. Selanjutnya ajak dia untuk kembali menggunakan WhatsApp resmi.

Namun, jika ia tetap ngeyel sebaiknya jaga privasi data milikmu sendiri. Caranya dengan tidak membagikan informasi sensitif seperti tanggal lahir atau masalah pekerjaan dengan temanmu melalui WhatsApp. Ajak mereka untuk berkomunikasi mengenai pekerjaan menggunakan aplikasi pesan singkat lainnya seperti Telegram.

Yeah, kurang-lebih begitulah pembahasan mengenai tanda-tanda jika teman menggunakan WhatsApp MOD. Semoga artikel ini membantumu, ya!

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah dengan bahasa yang santun untuk menunjukkan kualitasmu sebagai manusia. Dilarang keras menggunakan bahasa yang menyinggung SARA dan juga vulgar!