Cara Mengatur Tampilan Hacker's Keyboard seperti Keyboard Komputer - Anotatif
News Update
Loading...

6/12/23

Cara Mengatur Tampilan Hacker's Keyboard seperti Keyboard Komputer

cara mengatur tampilan hacker's keyboard

Bila kamu suka main game, pasti tahu dengan aplikasi keyboard yang satu ini. Pasalnya aplikasi Hacker's Keyboard sering digunakan para gamers untuk bermain games. Sebab, aplikasi keyboard yang satu ini lebih responsif daripada aplikasi keyboard lain yang sering lag.

Menariknya lagi, keyboard ini juga enak untuk menulis karena punya beberapa fitur yang tidak ada di keyboard bawaan HP. Misalnya saja fitur keyboard tab spasi. Bahkan karena ada fitur sepert Ctrl dan Alt, Hacker's Keyboard bisa digunakan untuk coding di HP. Penulis sendiri sering menggunakan aplikasi ini untuk membenahi beberapa code html di blog ini.

Supaya lebih jelas, berikut ada rangkuman tentang Hacker's Keyoard serta cara memasang dan mengatur tampilannya.

Mengenal Hacker's Keyboard

cara mengatur tampilan hacker's keyboard

Hacker's Keyboard adalah sebuah aplikasi keyboard untuk perangkat Android yang dirancang dengan tujuan memberikan pengalaman pengetikan yang lebih lengkap dan responsif. Aplikasi ini menawarkan sebuah tampilan keyboard lima baris lengkap dengan tombol-tombol yang biasanya ditemukan pada keyboard fisik. Misalnya seperti tombol panah atau Tab, Esc, dan Ctrl.

Hal ini tentu membuatmu bisa menikmati pengalaman mengetik layaknya dengan keyboard fisik di komputer. Apalagi tombol-tombol numerik dan tanda baca ditempatkan pada posisi yang biasa kamu temui pada keyboard konvensional. Sehingga akan semakin mempermudah akses dan penggunaan.

Aplikasi ini awalnya dirancang untuk pengguna tablet, tetapi ternyata dapat digunakan dengan lancar pada smartphone. Hal yang menarik, Hacker's Keyboard memiliki ukuran relatif kecil hanya sekitar 1,8 MB, sehingga tidak memakan banyak ruang penyimpanan pada perangkat HP.

Apa keunggulan dari Hacker's Keyboard?

cara mengatur tampilan hacker's keyboard

Salah satu keunggulan dari Hacker's Keyboard adalah kemampuannya dalam merespons input dengan cepat. Di mana membuatnya menjadi pilihan populer di kalangan para gamers. Responsivitas yang tinggi ini memberikan pengalaman pengetikan yang lebih lancar dan mengurangi keterlambatan atau lag yang sering terjadi pada keyboard aplikasi lainnya.

Selain itu, Hacker's Keyboard juga menyediakan beberapa fitur yang tidak ada pada keyboard bawaan HP. Misalnya fitur keyboard tab spasi yang memudahkan penulisan di HP. Terutama saat kamu ingin menulis paragraf yang menjorok atau membuat daftar isi.

Fitur lainnya yang menarik ialah tombol Ctrl dan Alt. Di mana tombol ini memungkinkan penggunaan Hacker's Keyboard untuk kegiatan coding di HP. Fitur-fitur ini sangat membantu bagi kamu yang tengah belajar coding bermodal HP.

Cara memasang Hacker's Keyboard di HP

cara mengatur tampilan hacker's keyboard

Setelah mengunduh aplikasi Hacker's Keyboard, apakah kamu masih bingung dengan cara memasangnya? Bila kamu bingung dan ingin tahu, cek caranya berikut.

  1. Pertama download aplikasi Hacker's Keyboard dari Playstore atau store online lain bawaan HP.
  2. Setelah terinstal, buka aplikasi Hacker's Keyboard.
  3. Kemudian klik menu Enabled Keyboard yang ada di pojok kiri atas. Sehingga kamu akan dibawa ke laman pengaturan Bahasa & Masukan dari HP.
  4. Selanjutnya tinggal ketuk atau geser toggle ke kanan untuk mengaktifkan Hacker's Keyboard. Setelah pengaktifan pasti akan ada peringatan yang mengatakan untuk wasapada jika aplikasi ini mengumpulkan data dan kata sandi. Klik Iya untuk menyetujui. Catatan: setiap aplikasi keyboard selain bawaan HP yang terpasang pasti akan ada pop-up seperti ini. Bahkan keyboard Google dan keyboard BCA juga mendapatkan peringatan ketika toggle di klik.
  5. Setelah itu klik menu Keyboard & Masukan, lalu pilih Hacker's Keyboard.
  6. Jika, sudah kamu tinggal klik menu Test yang ada pada aplikasi Hacker's Keyboard. Di mana ketika diketuk keyboard akan muncul di layar HP.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas kamu bisa memasang Hacker's Keyboard dengan mudah di HP.

Cara mengatur tampilan Hacker's Keyboard seperti tata letak keyboard fisik

cara mengatur tampilan hacker's keyboard

Jika hanya dipasang saja, tampilan pada Hacker's Keyboard akan sama saja dengan versi keyboard HP pada umumnya. Perbedaannya hanya ada pada tombol tab yang ada di sisi kanan spasi. Akan tetapi jika kamu memiringkan HP, tata letak Hacker's Keyboard pasti akan seperti versi komputer.

Nah, hal ini pasti membuat sedikit kecewa dan bingung, 'kan? Namun, kamu jangan bingung. Sebab, ada cara untuk mengaturnya agat kamu bisa menggunakan Hacker's Keyboard layaknya skeyboard fisik meski pada posisi potrait atau tegak. Kalau mau tahu, simak langkah-langkah berikut dengan seksama, ya!

  1. Buka aplikasi Hacker's Keyboard, kemudian klik menu Setting.
  2. Selanjutnya klik menu Keyboard mode, potrait, maka akan muncul pilihan layout untuk tombol Hacker's Keyboard.
  3. Pilih salah satu opsi yang memiliki tulisan 5-row. Namun, jika kamu benar-benar ingin membuat tata letak seperti keyboard fisik pilih opsi Full 5-row Layout.
  4. Setelah itu klik tombol kembali dan tekan menu Test untuk melihat tampilan apakah telah sesuai dengan yang diinginkan. Bila sudah sesuai, kamu bisa kembali dan menggunakan aplikasi ini untuk menulis atau belajar coding.

Catatan: Mengingat jika layar smartphone ini cukup kecil, sebaiknya kamu memilih versi 5-row Compact Layout. Hal ini hanya demi kenyamanan dalam penggunaan dan proses pengetikan.

Ya, kurang lebih seperti itulah cara memasang dan mengatur Hacker's Keyboard agar memiliki tata letak seperti keyboard fisik. Apakah sudah menjawab rasa ingin tahumu, Guys? Kalau belum silakan tanya di komentar, ya!

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah dengan bahasa yang santun untuk menunjukkan kualitasmu sebagai manusia. Dilarang keras menggunakan bahasa yang menyinggung SARA dan juga vulgar!