Hacker's Keyboard, Aplikasi Keyboard PC untuk Hape Android - Anotatif
News Update
Loading...

3/30/19

Hacker's Keyboard, Aplikasi Keyboard PC untuk Hape Android

Bingung dengan keyboard HP yang tak berguna untuk belajar coding. Nah, sekarang sudah ada Hacker's Keyboard yang memiliki fungsi seperti keyboard di komputer.

Hacker's Keyboard

Di zaman yang serba canggih ini banyak sekali hal yang bisa kita lakukan hanya dengan berbekal hape android dan aplikasi pendukungnya. Contohnya saja seperti belanja, membaca buku, mengerjakan tugas, bahkan kita bisa bekerja hanya dengan hape android.

Bagi seorang blogger kemajuan teknologi masa ini sangatlah membantu dalam segala aspek pekerjaan mereka, terutama narabloger yang tidak memiliki alat berupa laptop macam aku ini. Hanya dengan berbekal hape dan beberapa aplikasi yang aku download dari Playstore-lah yang membantuku dalam menulis artikel dalam blog ini.

Setelah beberapa waktu yang lalu aku membahas tentang WPS Office yang merupakan pengganti Ms.Word di android. Kali ini aku ingin membahas tentang aplikasi keyboard yang kegunaannya seperti keyboard di PC.

Aplikasi Hacker's Keyboard
Sumber gambar: playstore.com

Hacker Keyboard

Dari namanya pasti teman-teman berpikir bahwa aplikasi ini sangat menyeramkan. Karena kalian berpikir kemungkinan aplikasi tidak aman. Tapi sejauh ini, menurutku aplikasi ini aman dan nyaman digunakan. Apalagi ukurannya tidak terlalu besar yaitu sekitar 1,8 Mb jadi tidak memakan ruang. Sehingga android yang memiliki kapasitas ram 2 Gb ke bawah masih nyaman menggunakan aplikasi ini.

Hacker Keyboard adalah aplikasi keyboard lima baris dengan tab, esc, dan ctrl yang berdasarkan pada keyboard AOSP Gingerbread. Aplikasi yang dikembangkan oleh Klaus Weidner  ini sebenarnya diciptakan untuk pengguna tablet.

Namun, sejauh aku menggunakan aplikasi ini pada hape spec-low (Samsung Galaxy Star Duos) masih bisa berjalan dengan lancar. Keyboard lunak yang satu ini juga mendukung penggunaan kamus yang disediakan oleh paket bahasa AnySoftKeyboard. Berguna untuk mengakses SSH jika menggunakan conectboard.



Mengenal fitur menu Hacker's Keyboard


Review Hacker's Keyboard
Fitur menu Hacker's Keyboard | dok. Pribadi

Saat kamu membuka aplikasi ini, kamu akan disuguhi beberapa fitur menu utama yang berguna untuk mempermudah pemakaian Hacker's Keyboard di HP android.

Pertama mari mengenal tentang menu 'Enable Keyaboard'. Fitur yang satu ini berguna untuk meminta izin Hacker's Keyboard bisa digunakan sebagai keyboard di HP-mu.

Caranya tinggal kamu klik fitur ini, maka kamu akan secara otomatis di bawa ke pengaturan bahasa dan masukan bawaan HP. Di sana tinggal kamu klik atau centang (tergantung versi HP) pilihan Hacker's Keyboard. Selesai deh.

Selanjutnya ada fitur menu 'Input Languanges', yang mana berguna untuk memilih bahasa masukan pada aplikasi keyboard ini. Kemudian bagian 'Set Input Method' berguna untuk memilih keyboard. Kamu bisa memilih apakah mau mengganti keyboard dengan Hacker's keyboard atau menggunakan bawaan HP.

Sementara untuk menu 'More', bila kamu klik akan menampilkan laman baru tempat di mana ada beberapa aplikasi lain atau pendukung Hacker's Keyboard buatan developernya.

Nah, jika kamu ingin mengatur tentang keyboard ini gunakan menu 'Setting'. Di sini kamu bisa mengatur banyak hal. Mulai dari tampilan baris keyboard, tema, hingga, shortcut apa yang ingin kamu masukkan ke dalam software keyboard ini agar menyerupai keyboard komputer. Misalnya saja shortcut Ctrl dan Alt. Di sinilah tempat untuk mengaturnya.

Kesimpulan

Namanya memang menyeramkan. Hanya saja Hacker's Keyboard berguna untuk digunakan belajar coding atau hanya buat copy-paste code adsense atau code tampilan lainnya ke blog. Jujur, aplikasi ini sangat berguna untuk blogger pemula tanpa laptop sepertiku. Terutama untuk penggunaan tombol ‘ctrl’ dan 'alt'-nya.

Jika kalian saat ini masih bingung mencari keyboard yang kegunaannya seperti keyboard komputer, aku sarankan untuk download aplikasi ini.

Meskipun begitu, aplikasi ini masih memiliki beberapa batasan. Salah satunya tidak bisa digunakan dalam aplikasi tertentu. Terlebih pada penggunaan tombol kombinasi.

Selain itu, walau sudah support beberapa bahasa. Ada beberapa bahasa, misalnya Thailand yang belum bisa support untuk menggunakan keyboard 5 baris.

Begitu pula dengan penulisan dalam bahasa Arab. Tata letak dan font bisa tak beraturan. Namun, untuk masalah yang satu ini sepertinya memang masalah semua keyboard HP deh.

Kurasa cukup begitu saja review dari Hacker's Keyboard hari ini. Bila ada yang ingin kamu ketahui lebih dalam lagi, silakan komentar di bawah!

Artikel ini telah diperbarui pada 29 Maret 2022.

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah dengan bahasa yang santun untuk menunjukkan kualitasmu sebagai manusia. Dilarang keras menggunakan bahasa yang menyinggung SARA dan juga vulgar!