5 Tips Ampuh untuk Mengatasi Rasa Takut Gagal - Anotatif
News Update
Loading...

3/27/22

5 Tips Ampuh untuk Mengatasi Rasa Takut Gagal

Kegagalan mungkin hal yang menakutkan, tapi jangan jadikan alasan untuk tak mau mencoba lagi.

Tips Tidak Takut Gagal
ilustrasi orang pantang menyerah | pexels.com/Andrea Piacquadio

Takut gagal adalah rasa yang lumrah kok untuk dimiliki. Sebenarnya rasa yang seperti itu ada untuk membuat kita mawas diri dan mau terus-menerus belajar. Namun, perasaan tersebut menjadi tak wajar bila malah membuatmu tidak jadi berjuang sehingga menjadi alasan utama atas kegagalanmu.

Bila kita melihat orang-orang sukses di dunia ini, pasti mereka juga memiliki kisah gagal yang berulang-ulang. Contohnya saja penulis buku Harry Potter yang melegenda itu, J.K Rowling. Beliau bahkan harus mengalami 12 kali penolakan penerbit atas naskahnya. Akan tetapi, beliau tidak pantang menyerah.

Guys, bila kamu sekarang sedang ragu karena rasa takut gagal muncul di sudut hatimu ketika tengah berjuang. Yuk, simak lima tips ampuh mengatasi rasa takut gagal di bawah ini, supaya kamu bisa sukses meraih mimpi!

1. Kembali memfokuskan diri pada tujuan awalmu

Tips Ampuh Tidak Takut Gagal
ilustrasi fokus | pexels.com/MaurĂ­cio Mascaro

Ketika pikiran dipenuhi rasa takut gagal, cobalah kamu kembali memikirkan tujuan utama melakukan proyek atau pekerjaan tersebut. Apa saja hal yang membuatmu sangat ingin berjuang?

Setelah berhasil kembali fokus, kini saatnya kamu untuk berusaha menikmati proses perjuanganmu. Segala kejadian yang terjadi di dalam proses itu harus kamu nikmati. Kemudian yakini kalau pahit dan asamnya proses akan membentuk karier dan karaktermu di masa depan.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Rasa Malas agar Lebih Produktif Menulis

2. Membangun pikiran lebih baik gagal karena telah mencoba daripada menyesal kehilangan kesempatan

Tips Ampuh Tidak Takut Gagal
ilustrasi orang berusaha | pexels.com/Andrea Piacquadio

Jika saat ini kamu sedang ragu untuk memulai sesuatu karena ada rasa takut gagal di dalam hati. Coba saja beri pikiranmu sugesti, setidaknya kamu sudah mencoba dan gagal, daripada kamu nanti menyesal karena sudah kehilangan kesempatan.

Ingatlah guys, dalam semua hal yang akan kita lakukan pasti memiliki risiko gagalnya sendiri. Kalau terus berpijak pada risikonya, ya kamu akan terus ketakutan.

3. Berhenti untuk menghakimi diri sendiri

Tips Ampuh Tidak Takut Gagal
ilustrasi wanita stres | pexels.com/Engin Akyurt

Ketika kamu gagal, berhentilah untuk menyalahkan diri sendiri. Karena menyalahkan diri hanya akan membuatmu semakin depresi. Hal ini tentu tidak baik untukmu. Berpikirlah jika kegagalan bukanlah akhir dari semuanya. Kamu masih bisa memulainya lagi dari awal.

Berpikir saja bahwa hari ini kamu tidak gagal, hanya saja rezekimu akan datang besok lusa. Pokoknya jangan sampai berpikiran kalau kamu orang yang penuh dengan kegagalan, tetaplah berusaha dengan keras dan percaya pada rencana Tuhan.

4. Menjaga pikiran agar tetap optimis

Tips Ampuh Tidak Takut Gagal
ilustrasi optimis | pexels.com/Andrea Piacquadio

Tetaplah berpikiran optimis kalau kamu bisa melakukannya dengan baik dan benar. Hal ini berguna untuk membuat mentalmu tidak jatuh terlalu dalam ketika gagal. Sehingga dalam waktu singkat kamu bisa kembali bersemangat untuk berjuang dan bisa memulai lagi semua perjuanganmu dari awal.

Pikiran yang optimis juga akan membuatmu tetap percaya diri saat berhadapan pada kenyataan pahit yang akan mencoba membuatmu gagal lagi. Meski begitu jangan over juga, kamu boleh tetap optimis asalkan kalau gagal mau introspeksi diri.

5. Terus belajar untuk membuat kemampuan diri meningkat

Tips Ampuh Tidak Takut Gagal
ilustrasi membaca | pexels.com/Vincenzo Malagoli

Belajar dan terus belajar. Hal inilah yang akan membuatmu semakin berkembang. Jangan cepat puas dengan ilmu yang saat ini kamu punya, karena tentunya di atas langit masih ada langit.

Bila kamu memiliki pemikiran seperti itu sudah pasti perasaan takut gagal akan menghilang darimu. Karena kamu juga akan berpikir jika kegagalan juga termasuk proses pembelajaran.

Itulah lima tips untuk mengatasi rasa takut gagal saat tengah berjuang. Rasa takut manusiawi, tapi akan jadi tidak baik jika rasa itu malah membuatmu takut untuk melangkah. Hilangkan perasaan itu dan terus maju, kamu bisa kok!

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah dengan bahasa yang santun untuk menunjukkan kualitasmu sebagai manusia. Dilarang keras menggunakan bahasa yang menyinggung SARA dan juga vulgar!