ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400), Produktif Bekerja dan Eksplore Hal Baru - Anotatif
News Update
Loading...

3/31/22

ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400), Produktif Bekerja dan Eksplore Hal Baru

ASUS ZenBook 14X OLED UX5400

Lagi-lagi ASUS mengeluarkan laptop yang penuh kejutan hingga membuat jiwa-jiwa pembuat kontenku terpesona. Bagaimana tidak terpesona coba? ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400) menghadirkan banyak sekali fitur yang membuat impian dan pekerjaanku sebagai freelance content writer bisa dilakukan hanya dengan satu laptop saja.

Apalagi katanya laptop ini ringan, jadi bisa dibawa kerja ke mana-mana. Pastinya akan sangat menyenangkan bagi orang-orang yang sering jenuh dalam bekerja sehingga butuh healing dengan membawa pekerjaannya ke kafe atau alam yang tenang demi membuat mood naik lagi.

Terlebih bagi pekerja lepas macam aku ini yang tak memiliki ruangan sendiri selain kamar untuk bekerja. Membuat tempat apa saja harus bisa dianggap kantor, entah itu mau ruang tamu, dapur, atau di depan kandang kambing. Sehingga butuh gawai yang bisa dibawa ke mana saja seperti laptop ASUS ZenBook OLED versi (UX5400) ini.

Namun, bukan hanya itu yang membuatku jatuh cinta pada laptop ASUS ZenBook (UX5400). Ada banyak hal yang  sangat mendukungku dalam bekerja dan belajar keterampilan baru untuk kehidupan freelance yang keras ini.

Mau tahu apa saja fitur yang aku maksud? Simak di bawah ini, ya!


Kenalan dengan ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)

Sebelum mengetahui fitur yang membuatku tertarik, terpesona, hingga jungkir balik dari ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400). Mari kita kenalan dulu dengan seri ZenBook yang satu ini.

Masih dalam seri ZenBook Classic, tetapi ini adalah laptop ultra-portable. Sebab, telah memakai layar OLED 14 inci dan dilengkapi ScreenPad™ 2.0. Apalagi US Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics.

Sehingga membuat laptop ASUS yang satu ini bakal bikin kerja lebih produktif. Terutama bagi para pekerja kreatif pengejar deadline seperti freelancer. Tentu membutuhkan alat tempur yang bisa sat-set sat-set kerjaan beres dengan cepat.

Meski bertenaga kuda dan bisa kerja sat-set, laptop ini memiliki desain yang ramping dan ringkas. Membuat tampilannya bisa tampak mewah dan elegan. Siapa coba yang tak mau melirik laptop dengan spesifikasi seperti ini?

Namun, pastinya bukan cuma aku saja yang langsung menatap gambar ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400) dengan mata berbinar. Sebab, laptop ini memang mampu menyihir jiwa-jiwa konten kreator dan insan kreatif dengan fitur-fiturnya.


Alasan lebih produktif bekerja dengan ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400)

ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400)

Sebagai seorang freelance content writer memiliki gawai yang bisa untuk kerja sat-set adalah sebuah impian. Pasalnya kalau deadline sudah tinggal beberapa jam, nulisnya berasa seperti dikejar setan.

Belum lagi kalau nulis topik yang membutuhkan kroscek berulang-ulang seperti kesehatan. Alat tempurku yang hanya berupa smartphone mid-range dengan memori yang hampir sekarat langsung mogok kerja. Ingin rasanya marah sambil banting handphone, tapi kok sayang. Akhirnya hanya bisa ditunggu sambil bikin mie.

Oleh karena itu, melihat fitur-fitur yang di sajikan oleh ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400) membuat hati dan mataku langsung terpikat. Rasanya pekerjaan apa pun bisa jadi lebih enak jika dilakukan bersama laptop yang satu ini. Sehingga membuat kerja jauh lebih produktif dan cuan bisa mengalir. Tentunya bisa eksplore hal baru lebih banyak lagi karena waktu tak terbuang percuma begitu saja.

Nah, berikut ini fitur-fitur ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400) yang akan membuat pekerjaan seorang freelance content writer jadi lebih mudah dan produktif.

1. Layar OLED bakal bikin betah nulis seharian

Selama ini, setiap 30 menit sekali aku akan megalihkan pandangan dari layar smartphone dan memandang ke benda-benda yang terletak di kejauhan. Sebab, mata sering perih, kering, dan agak berkunang bila lama-lama melihat layar.

Apalagi kalau sudah dari pagi sampai malam melihat layar terus karena pesanan artikel masih selesai setengah, sementara deadline tinggal besok. Rasanya ingin lari dari layar smartphone dan kabur ke kasur, lalu bermimpi bertemu Naruto untuk minta tolong dibuatkan kagebunshin agar bisa membantu menulis. Sayangnya itu mimpi di dalam mimpi.

Namun, setelah melihat spesifikasi layar yang ada di ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400). Rasanya masalah ini telah terpecahkan. Ya, memang bukan bantuan dari manusia kloningan seperti Naruto. Masalah ini selesai karena inovasi yang dilakukan oleh ASUS.

Sejak beberapa tahun terakhir ini, ASUS menggunakan layar OLED ke dalam beberapa versi laptop terbarunya. Salah satunya yakni pada laptop ZenBook (UX5400). Penggunaan layar ASUS OLED ini bisa mengurangi paparan sinar biru pada mata. Sehingga membuat laptop yang menggunakan layar OLED lebih nyaman untuk dipandang lama-lama. Apalagi layar ASUS OLED telah mendapatkan sertifikasi low blue-light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland. Jadi, bisa dibuktikan bila layar ini aman untuk kesehatan mata.

Bila sudah memiliki gadget yang nyaman untuk dipandang lama-lama. Tentu saja menulis jadi lebih betah dan tak akan banyak tengak-tengok kanan kiri untuk sekedar menyegarkan pandangan.

2. ErgoLift Hange yang bisa bikin tangan nyaman saat mengetik

Alasan kedua kenapa ASUS ZenBook (UX5400) memudahkan produktifitas menulis karena adanya ErgoLift Hange pada bagian keyboardnya. Bahkan ErgoLift Hange milik ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400) bisa membuat laptop ini dibuka hingga 180 derajat.

Laptop yang memiliki ErgoLift Hange membuat tangan saat mengetik jadi lebih nyaman. Tak akan mudah capek, karena posisi laptop saat digunakan pada mode clamshell. Apalagi merasa kebas seperti ketika mengetik dengan menggunakan smartphone.

Hal yang sering membuatku kurang produktif menulis karena tangan yang sering kebas bila menyangga smartphone terlalu lama. Jadi, perlu meletakkan sebentar sampai tangan tak terasa kebas lagi.

ErgoLift ini juga berguna untuk menciptakan sirkulasi udara pada area mesin laptop. Sehingga mampu menurunkan suhu mesin dan membuat laptop tak mudah panas saat digunakan untuk pekerjaan berat maupun multitasking.

3. ScreenPad™ 2.0 yang multitasking banget

Hal yang paling menarik dari laptop ASUS ini adalah layar ScreenPad™ 2.0 yang digunakan untuk pengganti touchpad. Bahkan dengan adanya inovasi ini, kita tak perlu mengahafal shortcut lagi untuk penulisan membuat bold, cut, paste atau kombinasi tombol lainnya. Bahkan bisa berguna untuk menampilkan antar muka yang ada di Microsoft Office sehingga sangat berguna dalam produktifitas bekerja.

Selain berguna sebagai touchpad, ScreenPad™ 2.0 juga berfungsi sebagai layar kedua yang bisa menampilkan beberapa aplikasi di laptop. Hal ini bisa dilakukan karena adanya fitur App Switch yang semakin mempermudah multitasking pada laptop ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400).

4. Windows 11 buat jadwal kerja lebih rapi

ASUS ZenBook yang satu ini juga sudah menggunakan Windows generasi 11. Dengan tampilan windows terbaru, kita bisa menggunakan widget untuk yang memudahkan untuk mengatur jadwal kerja bahkan mencari tahu cuaca hari ini.

Sebagai seorang freelancer, jadwal kerjaku itu tak beraturan. Kalau sedang mendapatkan job banyak, jadwal bisa jadi amburadul. Dengan widget di Windows 11 bisa membantu mengingatkanku kalau keterusan menulis artikel untuk blog A. Padahal deadline artikel B juga tengah menanti untuk diselesaikan.

Selain itu, Windows 11 juga terintergrasi dengan layanan Teams. Sehingga bisa telepon atau rapat melalui sambungan video call hanya dengan mengakses tombol yang tersedia di desktop.

5. WiFi 6 yang kencang bisa jadi andalan meeting dan menulis

Kendala menulis yang paling menyebalkan adalah ketika koneksi internetnya lemot. Terutama ketika tengah mencari WiFi gratisan di rumah makan atau kafe. Namun, hal itu tak akan terjadi bila menggunakan ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400).

Pasalnya laptop yang satu ini telah menggunakan WiFi 6. Di mana generasi keenam ini memiliki transfer data yang tinggi. Sehingga membuat koneksi laptop dengan internet lebih cepat dan stabil. Bekerja jadi nyaman dan tanpa takut koneksi lambat lagi deh.

6. Bodi ringkas bakal buat kerja makin bebas

Selanjutnya yang bisa membuat bekerja lebih bebas adalah bodi dari laptop yang satu ini sangat ringkas yakni hanya memiliki bobot 1,4 kg dan ketebalan 16,9 mm. Sehingga membuat ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400) mudah untuk dijinjing dan dibawa ke mana-mana.

Bodinya yang kecil, membuat laptop 14 inci ini terlihat layaknya laptop 13 inci. Hal ini terjadi bukan karena sulap lo, ya. Namun, karena NanoEdge Display yang dihadirkan pada ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki perbandingan 16:10. Sehingga membuat rasio layar ke bodi ASUS ZenBook sampai pada angka 92%.

Meskipun ringkas dan tipis, tapi laptop ini juga tangguh. Hal ini dibuktikan dengan ujian ekstrem yang harus dijalani oleh ZenBook (UX5400). Tak main-main ujian ini menguji tentang ketahanan laptop ini ketika jatuh, kemudian tes operasional pada cuaca yang ekstrem, hingga getaran. Hasilnya ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400) lolos dan mengantongi sertifikasi ketahanan yang berstandar US Military Grade (MIL-STD 810H).

Jadi, semakin yakin untuk membawa laptop ini kerja di tempat apa saja. Bahkan untuk membawanya kerja di depan kandang kambing pun semakin bisa direalisasikan.

7. Port USB lengkap yang tak akan buat susah

Content writer adalah salah satu pekerjaan kreatif yang tak hanya butuh keterampilan menulis. Namun, ada banyak data yang kadang perlu disimpan dan dicadangkan ke dalam bentuk penyimpanan lain. Sehingga adanya port yang lengkap pada laptop sangat penting.

Alasan seperti itulah, yang membuat ASUS membubuhkan port dengan beragam bentuk ke ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400). Kita bisa menemukan port seperti HDMI 2.0, USB 3.2 Gen2 Type-A, MicroSD, hingga port 3.5mm combo audio jack.

Belum lagi dengan dua port USB Type-C Thunderbolt™ 4. Port modern ini tidak hanya berguna untuk mempercepat transfer data, tapi bisa digunakan untuk beberapa hal, lho. Seperti untuk menghubungkan monitor dengan layar tambahan dengan resolusi hingga 8k. Juga bisa digunakan untuk mengisi daya baterai. Tentu hal ini akan semakin memudahkan pekerjaan atau aktivitas kreatif lainnya yang dikerjakan bersama dengan ZenBook 14X OLED (UX5400).


Eksplore hal baru lebih asyik bersama ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400)


ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400)

Menjadi seorang freelancer, tentunya harus punya skill yang mumpuni. Apalagi kalau punya kemampuan tak hanya satu, bisa membuat dunia freelance yang keras agak lebih mudah. Sebab, bila sedang tak ada pekerjaan dari skill ini, bisa ambil jon dari skill ini.

Sayangnya, dengan gawai mid-range yang kumiliki, upgrade skill susah untuk dilakukan. Ini bukan karena aku menyerah tanpa berusaha. Jujur, memang sesusah itu. Sebab, dunia yang ingin aku eksplor memang butuh alat tempur yang canggih seperti ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400).

Memang kemampuan apa yang ingin kupelajari dan hanya bisa dilakukan bila menggunakan ZenBook 14X OLED (UX5400)?

Sebenarnya cuma ada tiga, kok. Namun, semuanya masih berkesinambungan dalam dunia kreatif. Berikut ini ketiga hal itu.

1. Latihan menggambar digital

Aku sudah tertarik dengan menggambar sejak lama. Mungkin selisih beberapa tahun dengan aku mulai terjun ke dunia Blog. Dulu juga sempat belajar menggambar digital dengan aplikasi gratisan yang tersedia di Playstore. Namun, karena hanya bermodal gawai dan jari, aku gak bisa improve. Akhirnya tenggelam saja kemampuan karena aku lebih fokus ke menulis agar dapat cuan.

Dengan adanya ZenBook 14X OLED (UX5400) sih berharap banget bisa melanjutkan belajar gambar digital. Apalagi layar ASUS OLED juga dibuat untuk para pekerja seni yang membutuhkan tampilan visual terbaik.

Di mana layar OLED besutan ASUS ini bisa memproduksi warna yang cukup banyak. Bahkan color gamut-nya mencapai rasio 100% pada color space DCI-P3. Begitu juga dengan tingkat akurasi warnanya yang di hasilkan sangat tinggi dan telah mendapatkan sertifikat dari PANTONE Validated Display yang berstandar industri. Belum lagi dukungan dari HDR serta VESA.

Membuat belajar menggambar digital dengan ZenBook 14X OLED (UX5400) semakin sempurna. Terlebih layar laptop yang satu ini telah ditambah fitur touchscreen. Sepertinya akan sangat cocok untuk menggambar digital karena memudahkan mobilitasnya.

2. Belajar desain UI/UX bisa terwujud

Keinginan ini muncul akhir tahun lalu. Ketika aku tak punya job dan ada seorang klien yang membutuhkan copywriter dengan kemampuan UI/UX. Awalnya aku tak mengerti, tapi setelah kucari tahu kalau ini seperti membuat tampilan Blog lebih cantik, aku pun mulai tertarik untuk belajar.

Lalu bulan kemarin ada program kursus gratis dari pemerintah tentang UI/UX ini. Aku pun mencoba untuk mendaftar, tapi setelah melihat persyaratan yang harus memiliki laptop dengan memori minimal 8Gb, langsung deh tancap gas mundur. Namun, akan menjadi berbeda bila menggunakan ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400). Pasalnya laptop ini memiliki memori penyimpanan 16Gb. Belum lagi adanya penyimpanan berupa PCIe SSD yang memiliki kapasitas ekstra hingga 1TB. Pastinya aku bisa belajar UI/UX tanpa hambatan.

3. Bisa upgrade skill edit video

Aku juga ingin upgrade skill edit video dengan aplikasi yang profesional. Bukan hanya aplikasi gratisan saja. Hal ini demi mendukung tujuan utamaku dalam menulis. Aku tak akan mengatakannya, karena tak mau dikejar rasa bersalah atas harapan orang-orang rumah yang tinggi padaku. Intinya mimpi ini bersangkutan tentang ilmu perfilman.

Setidaknya meski mimpi itu hanya jadi mimpi, aku ingin punya skill editing video. Bila tak bisa digunakan untuk film, bisa berguna untuk dijual ke para YouTuber yang membutuhkan editor. Yap, demi menambah pundi-pundi pendapatan dari freelance.

Bersama dengan ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400) mimpi yang satu ini juga bisa terwujud. Hal ini karena laptop ZenBook kali ini telah menggunakan 11th Gen Intel® Core™. Juga disertai chip Intel® Iris Xe Graphics. Belum lagi ditambah adanya NVIDIA® GeForce® MX450. Membuat laptop ini memiliki kemampuan pemrosesan grafis yang cepat dan bagus sehingga sangat berguna bagi para content creator.

Ya, mimpi-mimpi tersebut bisa terlaksana dengan mulus bila bersama dengan ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400).

Harga dari ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400)

Memiliki kemampuan yang cukup tinggi, ASUS membanderol laptop ZenBook 14X OLED (UX5400) dengan harga Rp23.999.000. Ya, setimpal dengan spesifikasinya yang gahar abis. Nah, kalau kamu mau membeli laptop ASUS ini di ASUS Online Store dan menggunakan voucher ASUSANOTAT500K akan mendapatkan potongan Rp500 ribu.

Voucher tersebut juga berlaku untuk pembelian semua produk ASUS Vivobook dan ZenBook, lho. Jadi, segera checkout di ASUS Online Store, sebelum voucher-nya hangus, Guys!

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competition bersama bairuindra.com

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah dengan bahasa yang santun untuk menunjukkan kualitasmu sebagai manusia. Dilarang keras menggunakan bahasa yang menyinggung SARA dan juga vulgar!